1.ROLER
Roller adalah kunci penting sistem CVT, dan jadi bagian pertama yang diganti saat upgrade kirian.Seperti halnya ganti gear belakang lebih besar akan membuat tarikan awal ringan,jika gear kecil tarikan awal berat namun nafas motor jadi panjang,
Bobot roller lebih ringan akan menghasilkan akselerasi yang lebih cepat, namun top speed akan berkurang.Sedangkan roller lebih berat, membuat putaran atas lebih panjang untuk top speed, namun akselerasi lebih berat.
jadi jangan beranggapan bahwa ganti roler akan menambah top speed di motor std,,hanya merubah tarikan menjadi ringan/berat untuk napas panjang
2.PER CVT
Selanjutnya ubahan kirian penting adalah per CVT, yang efeknya merubah respon motor terutama akselerasi.
alangkah baiknya merubah per cvt menjadi lebih keras atau panjang, dengan satuan RPM seperti 1.000 sampai 1.500 rpm.
Mengganti per CVT lebih keras, membuat akselerasi lebih instan karena pantulannya lebih cepat.
rekomendasi per cvt untuk motor std ialah 1000 rpm-1500 rpm,
3.PER CENTRI
Per sentri CVT biasanya diganti untuk meningkatkan performa mesin,semakin keras per centri motor membutuhkan tenaga besar untuk membuka kampas ganda,jika ingin Gerung gunakan per centri keras,jika ingin motor di gas langsung jalan gunakan per centri yang lembek/std,per keras membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif walopun harus membutuhkan rpm di atas std/di gas baru jalan (Gerung )
semakin tinggi angka yang tertera dalam spesifikasi, berarti per sentrifugal berkarakter semakin keras.
Dengan per yang semakin keras maka mesin harus bekerja lebih keras untuk membuka kampas ganda,
rekomendasi kekerasan per centri yaitu 1000-1500 rpm untuk motor standar harian,di atas itu cocok untuk motor spek bore up,
4.PULY
bagian penting adalah puly depan,jika ingin menambah akselerasi dan top speed harus di lakukan pembubutan kemiringan rumah roler dan kipas puly,lalu di kerok jalur roler supaya lontaran soler semakin jauh dan menambah topspeed motor matic.
jangan lupa di haruskan kerok jalur roler jika bubut puly,supaya Dengan lontaran rumah roller yang bisa lebih panjang, diharapkan posisi roller di pulley juga bisa ikut lebih naik dan berpengaruh ke top speed.
"Akhirnya berdampak terhadap top speed yang lebih tinggi,"
selanjutnya adalah bubut puly depan
Umumnya derajat pulley depan CVT motor matic ada di angka 14 derajat.
semakin kecil derajat puly akan semakin Gerung suara tarikan motor bagi yang suka Gerung di sarankan untuk jarak dekat,jika jarak jauh motor napas nya pendek gampang limit,kasian mesinya kecuali motor bore up menyesuaikan dengan spek/rekomendasi dari mekanik.
Kalau kondisi mesin standar kurangi 0,5 derajat saja, contohnya pulley depan Vario itu 15 derajat, kalau akselerasi mau enteng dengan mesin kondisi standar dan aman cukup dibikin 13,8 / 14 derajat saja,
semakin sedikit derajat puly semakin responsif tarikan motor,dan apabila puly derajat std cocok untuk trek panjang/touring





